Kamis, 24 November 2016

Saat ini adalah Detik-detik terakhir menjelang UN. Setelah usaha kita belajar selama di kelas 9, bahkan selama 3 tahun di SMP Islam Al Azhaar ini, Insya Allah semua materi pelajaran yang diujikan di-UN sudah terserap tuntas.

Demikian juga Latihan-latihan mengerjakan soal, Bimbingan belajar dari para asatidz, try Out mandiri, KPI, diknas dan pihak lain serta pembahasannya tidak kurang dari 20 kali. Juga motivasi dari para asatidz dan para trainer yang kita datangkan di sekolah tentang sukses belajar, UN maupun langkah-langkah sukses ke depan  juga sudah kita dapatkan. Pengalaman-pengalaman dari beberapa orang tua yang sukses yang didatangkan kesekolah maupun kita kunjungi usahanya juga sudah kita lewati.
Kini tiba saatnya kita jelang UN senin depan. 3 hari lagi. Ada Tips sukses UN dan berkah sbb;
  1. UN sama seperti ulangan harian. UN tidak menakutkan. Jika kita sudah terbiasa mengerjakan ulangan harian atau soal-soal UTS, Semesteran, kenaikan kelas, tray out yang diberikan guru kepada kita, maka seperti itulah rasanya UN. Jika biasa mendapata nilai 100, maka pada UN nanti juga bisa mendapat nilai 100. Hampir semuanya sama, jumlah soal, pilihan ganda, cara memilih dll. Jika itu sema bisa Ananda kerjakan dengan baik, maka dapat dipastikan Ananda bisa mengerjakan soal UN dengan baik pula, karena yang membedakan antara UN dengan ulangan harian bagi Ananda/pelaku yang mengerjakan soal adalah pengawasnya. UN diawasi oleh orang lain, sementara ulangan harian diawasi oleh guru kita sendiri. Jadi jangan takut dengan UN. 
  2. Berserah diri  dan berdoa Kepada Allah. Setelah semua usaha/ikhtiyar kita lakukan, maka tinggal Allah yang akan menentukan. Lulus tidaknya dan sukses tidaknya. “Faidza ‘azamta fatawakkal ‘alallah” (Apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah). Dan “Waman yatawakkal ‘alallah fahua hasbuh” (Barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya)
  3. Mohon Doa dan Restu kepada kedua orang tua dan guru. Pendukung utama keberhasilanmu adalah orang tua dan guru. Mintai kerelaan mereka, doa mereka dan dukungan mereka  untuk kelancaran dan keberhasilanmu. Jangan sakiti dan kecewakan mereka. Insya Allah mereka pasti mau mendoakan. (Di SMP islam AlAzhaar Acara sungkeman sudah kita lakukan hari Jumat 20 April kemarin). “Semoga lulus dengan nilai terbaik Naak....”
  4. Tinggalkan maksiyat, bersenang senang dan kegiatan yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar.Diatara bahaya maksiat adalah menghalangi ilmu pengetahuan, tidak ada cahaya hati/ hati jadi buta, menyulitkan urusan, dihinakan oleh Allah, tertimpanya azab/ketidak lulusan dll.Diantara kegiatan yang bisa menggangu konsentrasi belajar adalah bermain play station (PS), chatting di internet (fb/twitt), dan nonton televisi.
  5. Perbanyak amal sholih dan dilakukan dengan ikhlasDiantaranya Sholat sunah (rawatib, qiyamul lail), dzikir, sedekah, membantu orang tua dan orang lain, baca Al Qur’an, munajat kepada Allah dll. yang dilakukan dengan ikhlas hanya karena Allah. Dengan beramal sholih (berbuat baik) maka Allah akan mengabulkan permintaan umatnya.
  6. Buka-buka buku latihan soal . Ini dilakukan untuk memperkuat ingatan yang sudah kita dapatkan sesudahnya. Apabila perlu buat skema kecil untuk lebih menguatkan kesimpulan yang pernah dibuat. Juga latihan soal untuk mengulang dan menguatkan soal yang sebelumnya dirasa sulit. Apabila masih ada yang dirasa kurang jangan segan-segan bertanya kepada temannya yang lebih mampu atau kalau perlu kepada gurumu.
  7. Niatkan dengan tekad bulat dapat mengerjakan soal UN dengan jujur dan sportif niscaya Allah akan memberikan petunjuk dan jalan keluar dengan baik.
Nah, itulah tips detik-detik terakhir Ananda menghadapi UN. semoga setelah membaca ini Ananda bisa termotivasi dan juga bersemangat dalam mengerjakaan UN-nya dan semoga Ananda bisa LULUS dengan nilai jujur dan  memuaskan. amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar